Jumat, 29 Januari 2010

OBJEK GEOGRAFI

,,,,Berdasarkan hasil Semlok IGI di Semarang tahun 1988, disepakati bahwa objek studi geografi dibedakan menjadi 2 macam, yaitu objek material geografi dan objek formal geografi.

Objek Material

,,,,Objek material geografi merupakan bahan (isi) kajian geografi. Objek material geografi berupa fenomena permukaan bumi (geosfer) yang meliputi litosfer, atmosfer, hidrosfer, dan biosfer dengan segala variasi dan agihannya, serta antroposfer sebagai tema sentral.

,,,,Litosfer berkaitan dnegan kulit bumi atau kerak bumi (toposfer dan pedosfer) dengan segala variasi dan agihannya. Atmosfer berkaitan dengan lapisan udara (cuaca dan iklim) dengan segala variasi dan agihannya. Hidrosfer berkaitan dengan lapisan air (air di daratan dan di lautan) dengan segala variasi dan agihannya. Biosfer berkaitan dengan kehidupan di muka bumi (flora dan fauna) dengan segala variasi dan agihannya. Antroposfer berkaitan dengan kehidupan manusia di muka bumi sebagi tema sentralnya.
,,,,,Karena itu, kajian geografi sering disebut bersifat antroposentris yang kemudian dapat menimbulkan studi kekhususan.
,,,,,Dalam mengkaji dan menganalisis objek material geografi, geografi dibantu dan ditunjang oleh ilmu pengetahuan yang lain seperti, geologi, geomorfologi, litologi, biologi, hidrologi, antropologi, meteorologi, dan fisika. Secara ringkas, objek material geografi meliputi gejala-gejala yang terdapat dan terjadi di muka bumi.

2 komentar:

  1. mana objek formalnya ???? cuma objek materialnya doank !!!!

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Sudah membntu saya dlm menyelesaikan tgs. Geografi saya. By: aldi
    081344863419

    BalasHapus