Senin, 08 Maret 2010

PENDEKATAN KAJIAN GEOGRAFI

,,,,,Pendekatan merupakan suatu konsep dasar dalam mengkaji masalah yang berkaitan dengan objek material geografi. Sebagaimana telah diuraikan bahwa spesifikasi pendekatan geografi meliputi pendekatan keruangan (spatial approach), pendekatan kelingkungan (ecological approach), dan pendekatan kompleks kewilayahan (regional complex approach).

PENDEKATAN KERUANGAN (spatial approach)
,,,,,Merupakan pendekatan khas geografi dengan mengkaji variasi fenomena alam di permukaan bumi. Pendekatan keruangan mengacu, antara lain pada penekanan lokasi, ukuran aksesibilitas, dan interaksi.
,,,,,Pendekatan keruangan dengan mengacu pada prinsip-prinsip gegorafi, yaitu penyebaran, interelasi, dan deskripsi yang dapat dicermati melalui konsep, dan teori serta teknik analisis seperti jaringan dan konektivitas, teori central place, dan interaksi.

PENDEKATAN KELINGKUNGAN (ecological approach)
,,,,,Merupakan pendekatan berdasarkan interaksi dan interpendensi yang terjadi pada lingkungan. Lingkungan geografi memiliki pengertian yang sama dengan lingkungan pada umumnya. Pendekatan kelingkungan dilakukan dengan berpusat pada interelasi kehidupan manusia dengan lingkungan fisiknya yang membentuk sistem keruangan yang dikenal dengan ekosistem.

PENDEKATAN KOMPLEKS KEWILAYAHAN (regional complex approach)
,,,,,Merupakan kombinasi pendekatan keruangan dan ekologi dengan mengkaji karakteristik fisik dan sosial dari fenomena yang terjadi di permukaan bumi yang berbeda antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Oleh karena itu, pendekatan ini lebih ditekankan pada diferensiasi area.

0 komentar:

Posting Komentar