Jumat, 29 Januari 2010

RUANG LINGKUP GEOGRAFI

,,,,Ruang lingkup geografi tidak lepas dari apa yang menjadi objek material geografi. Ruang lingkup geografi mencakup fenomena permukaan bumi (geosfer), yang terdiri atas gejala alam (fisik) dan gejala manusia (sosial). Gejala-gejala ini menganalisis persebaran (spread), hubungan (interrelation), dan interaksi (interaction) dalam ruang muka bumi.
,,,,Dengan melihat gejala yang dipelajarinya, geografi harus mampu menjawab pertanyaan what-where-why-how tentang apa yang terjadi di muka bumi.
1. Untuk menjawab what (apa), geografi dapat menjawab dan menunjukkan gejala alam atau gejala manusia yang terjadi di muka bumi.
2. Untuk menjawab where (dimana), geografi dapat menjawab dan menunjukkan ruang atau tempat persebaran terjadinya gejala alam atau gejala manusia.
3. Untuk menjawab why (mengapa), geografi dapat menjawab dan menunjukkan hubungan antara gejala alam dan gejala manusia sebagai faktor yang tidak berdiri sendiri, tetapi memiliki keterkaitan 1 sama lain.
4. Untuk menjawab how (bagaimana), geografi dapat menjawab dan menunjukkan bentuk kualitas dan kuantitas gejala dan hubungan gejala-gejala tersebut pada ruang yang bersangkutan.
,,,,Rhoad Murphey dalam bukunya The Scope of Geography mengemukakan bahwa ruang lingkup geografi meliputi 3 hal, yaitu sebagai berikut :
1. Persebaran dan relasi penduduk di muka bumi dengan sejumlah aspek keruangan serta bagaimana manusia memanfaatkannya.
2. Interaksi antara manusia dengan lingkungan fisik yang merupakan salah 1 bagian dari keanekaragaman wilayah.
3. Kerangka analisis regional dengan ciri-ciri yang spesifik.
,,,,Objek geografis secara garis besar dapat dibedakan menjadi 2 aspek yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik meliputi, antara lain aspek kimiawi, biologis, dan astronomis. Sementara itu, aspek sosial meliputi, antara lain aspek antoropologis, politis, dan ekonomis. Oleh karena itu, dalam mengkaji fenomena geografis, kedua aspek tersebut tidak dapat dipisahkan, tetapi harus selalu dikaitkan.

0 komentar:

Posting Komentar