Rabu, 25 Mei 2011

Transplantasi

Transplantasi adalah pergantian organ atau jaringan tubuh yang tidak lagi berfungsi, dengan organ atau jaringan sehat yang berasal dari tubuh sendiri atau orang lain. Transplantasi mulai popouler di dunia kedokteran sejak pertengahan tahun 50-an (transplantasi kulit sebenarnya sudah dilaksanakan jauh sebelum itu).
Masalah terbesar dalam transplantasi adalah rejeksi (penolakan). Tubuh penerima dapat memberikan reaksi penolakan atau rejeksi terhadap organ dan jaringan yang baru dicangkokan. Seperti terhadap kuman atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Transplantasi paling baik dilakukan bila organ atau jaringan pengganti berasal dari tubuh sendiri. Hal ini tidak akan menimbulkan rejeksi.
Sebaliknya, organ atau jaringan yang berasal dari orang lain (kecuali saudara kembar satu telur) sering menimbulkan reaksi penolakan yang dapat mengakibatkan berbagai komplikasi.
Transplantasi organ tubuh yang pertama kali sukses dilakukan adalah transplantasi ginjal antara sepasang kembar identik. Hingga kini sudah banyak organ atau jaringan yang dapat ditransplantasikan, antara lain kulit, kornea, tulang, pembuluh darah, ginjal, jantung, hati paru, dan pankreas.

0 komentar:

Posting Komentar