Jumat, 05 Maret 2010

OBJEK FORMAL

,,,,,Objek formal geografi merupakan cara atau metode dalam mengkaji dan menganalisis masalah-masalah objek material geografi. Analisis masalah-masalah objek material geografi tersebut dapat dilakukan melalui pendekatan keruangan (spatial approach), lingkungan (ecological approach), dan kompleks kewilayahan (regional complex approach).
,,,,,Pendekatan keruangan merupakan pendekatan khas geografi dengan mengkaji variasi fenomena alam di permukaan bumi. Pendekatan keruangan mengacu pada penelaahan perbedaan tempat melalui prinsip-prinsip geografi, yaitu persebaran, timbal balik, dan penggambaran. Pendekatan lingkungan merupakan pendekatan berdasarkan interaksi yang terjadi pada lingkungan. Pendekatan lingkungan dalam geografi berkenaan dengan hubungan kehidupan manusia dengan lingkungan fisiknya. Interaksi tersebut membentuk sistem keruangan yanng dikeanl dengan ekosistem.
,,,,,Pendekatan kompleks kewilayahan merupakan kombinasi pendekatan keruangan dan ekologi. Pendekatan kompleks kewilayahan mengkaji karakteristik fisik maupun sosial dari fenomena yang terjadi di permukaan bumi yang berbeda antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Oleh karena itu, pendekatan ini lebih menekankan pada perbedaan wilayah.

1 komentar:

  1. makasih ilmunya, tapi kalo dikasih contoh2x yang lebih sepesifik pada tiap pendekatan nanti akan lebih bagus + gambar2x yg mendukung . . .

    BalasHapus