Jumat, 05 Maret 2010

PRINSIP-PRINSIP DASAR GEOGRAFI

,,,,,Untuk menganalisis dan mengungkapkan gejala geosfer dalam kehidupan sehari-hari, secara teoritis digunakan prinsip-prinsip dasar geografi. Prinsip-prinsip tersebut terdiri atas prinsip persebaran, timbal balik, korologi, dan penggambaran.


PRINSIP PERSEBARAN

,,,,,Fenomena geosfer, baik alam maupun manusia, tersebar di permukaan bumi. Persebaran fenomena ini tidak merata dari suatu wilayah ke wilayah lainnya. Dengan mengkaji dan menggambarkan persebaran berbagai fenomena geosfer, kita dapat mengungkapkan hubungan antara satu fenomena dengan fenomena lainnya. Selanjutnya, kita juga dapat meramalkan kemungkinan apa yang akan terjadi kemudian. Misalnya, fenomena banjir. Melalui pengamatan persebaran daerah banjir, antisipasi di musim hujan yang akan datang dapat segera dilakukan.

PRINSIP TIMBAL BALIK

,,,,,Fenomena geosfer dalam suatu ruang mempunyai hubungan satu sama lain. Setelah melihat persebaran fenomena geosfer dalam ruang, selanjutnya dapat kita ungkap hubungannya satu sama lain. Melalui prinsip timbal balik, dapat diungkapkan hubungang faktor alam dengan faktor manusia atau sebaliknya. Dari hubungan tersebut, akan tergambar karakteristik gejala alam di wilayah itu. Misalnya, fenomena banjir. Dengan menggunakan prinsip timbal balik, kita dapat mencari bagaimana banjir dapat terjadi, adakah faktor alam dan faktor manusia yang memengaruhinya.

PRINSIP KOROLOGI


,,,,,Prinsip ini merupakan prinsip geografi yang komprehensif dengan memadukan prinsip-prinsip lainnya. Prinsip ini merupakan ciri dari geografi modern. Pada prinsip korologi, fenomena ditinjau dari persebaran dan hubungan timbal balik di dalam ruang. Misalnya, dalam mengkaji banjir selalu diperhatikan persebarannya dalam ruang, hubungannya dengan faktor-faktor penyebab banjir, dan seterusnya. Dengan demikian, kita akan mampu menjelaskan karakteristik banjir tersebut.

PRINSIP PENGGAMBARAN


,,,,,Prinsip ini menjelaskan fenomena geosfer sebagai sebab akibat dari interaksi fenomena yang ada di dalamnya. Prinsip ini memberikan gambaran lebih lanjut tentang fenomena atau masalah yang terjadi. Penggambaran dilakukan bukan hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan menggunakan peta, diagram, grafik, dan tabel. Misalnya, peristiwa banjir. Prinsip ini menguraikan sebab dan akibat dari peristiwa banjir. Selain itu, penggunaan peta dapat menggambarkan daerah persebaran banjir.
,,,Dalam pelaksanaannya, prinsip-prinsip di atas tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pengkajian suatu fenomena geosfer tidak mungkin mengabaikan salah satu atau beberapa prinsip.

7 komentar: